LAPORAN KEGIATAN KKLP KELOMPOK III STKIP COKROAMINOTO PINRANG ANGKATAN XX TAHUN 2009 / 2010 KEL. LALENG BATA KEC. PALETEANG KAB. PINRANG

LAPORAN KEGIATAN KKLP KELOMPOK III
STKIP COKROAMINOTO PINRANG
ANGKATAN XX TAHUN 2009 / 2010
KEL. LALENG BATA KEC. PALETEANG KAB. PINRANG

DISUSUN OLEH :

KELOMPOK III

KETUA : GUNAWAN
SEKRETARIS : A. MULYANA
BENDAHARA : HERLINA

ANGGOTA :

KAMARUDDIN JUWITA
RUSDA SYAMSIAH
HAMRAYANI SUNARTI
HERIAH RATNAWATI
HERMAN HAZIS SULU BURA
RUSNAH BAHARUDDIN
NURUL KARTINA SUARDI THALIB
RISMAWATI

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) COKROAMINOTO PINRANG
ANGKATAN XX TAHUN 2009 / 2010

LAPORAN KEGIATAN KKLP KELOMPOK III
STKIP COKROAMINOTO PINRANG
ANGKATAN XX TAHUN 2009 / 2010
KEL. LALENG BATA KEC. PALETEANG KAB. PINRANG

KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan laporan kegiatan KKLP ini. Tak lupa kami haturkan shalawat dan salam kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW sebagai nabi yang mengangkat derajat kaum wanita ketempat yang lebih tinggi sekaligus meruntuhkan kebudayaan jahiliah menjadi budaya yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.
Didalam laporan pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan Plus ini, kami menyampaikan segala aktifitas yang telah kami lakukan di dua tempat pelaksanaan KKLP yaitu di kampus STKIP Cokroaminoto Pinrang dan di kelurahan Laleng Bata.
Kami berterimakasih kepada rekan-rekan mahasiswa yang telah baur membaur dalam pelaksanaan kegiatan ini. Berkat kalianlah sehingga kita bersama-sama berhasil menyelesaikan kegiatan ini dengan baik, meski ada beberapa teman yang jarang hadir dengan berbagai alasan. Ucapan terimakasih juga kami sampaikan kepada pemerintah kecamatan Peleteang, pemerintah kelurahan Laleng Bata atas segala kontribusi yang telah diberikan kepada kami. Kami juga berterimakasih kepada masyarakat kelurahan Laleng Bata atas sumbangan dukungan morilnya kepada kami semua. Tak lupa juga kami mengucapkan terimakasih kepada para dosen pembimbing yang juga memberikan sumbangan moril maupun materil kepada kami sehingga kegiatan Kuliah Kerja Lapangan Plus ini berjalan baik.

Pinrang 30 juli 2010

Kelompok III

DAFTAR ISI

Halaman judul . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .1
Kata pengantar . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 2
Daftar isi . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 3
BAB I PENDAHULUAN. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 5
A. Latar belakang masalah. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 5
B. Waktu dan tempat pelaksanaan. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .5
C. Struktur organisasi KKLP kelompok III. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .6
D. Jenis dan model kegiatan. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 7
E. Tujuan. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .7
F. Manfaat. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .8
G. Potensi kelurahan. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .8
H. Pemanfaatan potensi. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 8
I. Prasarana kelurahan. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .9
J. Program kerja. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 9
BAB II DESKRIPSI LOKASI. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .11
A. Letak lokasi kampus. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .11
B. Letak kelurahan Laleng Bata. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 11
BAB III PEMBAHASAN. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .12
A. Program di kampus. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .12
1. membersihkan gedung dan halaman serta menanam pohon . . . . . . . .12
2. membersihkan dan mengecat gedung . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 12
3. pengadaan pot dan menanam bunga . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 13
4. Menghias pot dan memupuk bunga dan pohon serta membersihkan
gedung . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 14
B. Program di kelurahan Laleng Bata. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .15
1. penerimaan KKLP. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 15
2. observasi. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 15
3. sosialisasi. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .16
4. mengedar undangan seminar kelurahan. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .16
5. seminar kelurahan. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .17
6. menyerahkan rencana program kegiatan. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 19
7. mengajar di SD 10 dan SD 11. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .19
8. mengajar di SD 289. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .20
9. mengajar di SD 172. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .21
10. bakti sosial. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 22
11. pembinaan moral bagi anak usia SD. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 23
12. program tambahan. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .24
a. bimbingan belajar matematika. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 24
b. bimbingan belajar bahasa Inggris. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 25
c. isra’ mi’raj . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 26
BAB III PENUTUP. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 28
A. Kesimpulan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 28
B. Saran. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .28
C. Daftar pustaka . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 29
D. Lampiran . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .29

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Kegiatan kuliah kerja lapangan plus (KKLP) merupakan kegiatan penting bagi suatu pendidikan tinggi. Oleh karena itu, kegiatan ini tercantum sebagai salah satu unsur Tri dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Atas dasar hal inilah maka kegiatan Kuliah Kerja Lapangan Plus menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa yang ingin menyelesaikanpendidikannya pada jenjang perguruan tinggi.

B. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Atas kebijakan dari STKIP Cokroaminoto Pinrang, maka ditetapkan bagi mahasiswa untuk melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan Plus selama 3 bulan dengan pembagian waktu 2 bulan kegiatan dilaksanakan di kampus dan 1 bulan penuh di laksanakan ditengah-tengah masyarakat.

C. STRUKTUR ORGANISASI KKLP KELOMPOK III

PENASEHAT / PEMBIMBING
DRS. A. ACO AGUS, M.Pd, MH
DRA. HJ. RUSNAH
H. TAJUDDIN, M.Pd
HERIADY, S.Pd

SEKRETARIS KETUA / KORLUR BENDAHARA

A. MULIANA GUNAWAN HERLINA

ANGGOTA

HERMAN HAZIS
SUARDI THALIB
NURUL KARTINA
HERIAH
RUSNA
JUWITA
RUSDA
RISMAWATI
KAMARUDDIN
BAHARUDDIN
HAMRAYANI
SYAMSIAH
RATNAWATI
SUNARTI
SULU BURA

D. JENIS DAN MODEL KEGIATAN
Jenis kegiatan yang dilakukan adalah sbb:
1. Perataan jalan.
2. Rehabilitasi gedung.
3. Menghias dan menata gedung.
4. Pembinaan dan pelatihan dalam rangka meningkatkan pengetahuan.
keterampilan, dan kesadaran masyarakat.
5. Pelaksanaan pendidikan informal, dasar, dan formal kepada masyarakat.
6. Pelaksanaan kegiatan sosial kemasyarakatan.
7. Pendampingan program pembangunan pemerintah.
Model kegiatan dalam pelaksanaan kegiatan KKLP kelompok III adalah sebagai berikut:
1. Meratakan jalan menuju kampus.
2. Mengecat gedung.
3. Menanam pohon.
4. Mengajar.
5. Bimbingan belajar.
6. Pembinaan moral.
7. Bakti sosial.
8. Ikut serta dalam kegiatan keagamaan.

E. TUJUAN
Adapun tujuan dari pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan Plus ini adalah :
1. Sebagai bentuk pengamalan Tri Darma perguruan tinggi.
2. Memperbaiki suasana kampus.
3. Membangun citra perguruan tinggi.
4. Sebagai bahan pedoman pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan Plus
berikutnya.
5. Memenuhi persyaratan kelulusan dalam kegiatan Kuliah Kerja Lapangan
Plus.

F. MANFAAT
Adapun nantinya laporan ini dapat bermanfaat sebagai berikut:
1. Mahasiswa betah di kampus karena suasana yang nyaman
2. Dapat mengetahui perkembangan segala kegiatan masyarakat yang ada.
3. Sebagai bahan pertimbangan untuk mencari solusi dari masalah-
masalah/kendala- kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Kuliah Kerja
Lapangan Plus.
4. Sebagai penilaian sejauh mana keberhasilan pelaksanaan program yang
telah disusun.
5. Memberikan pengalaman baru untuk masyarakat serta menambah wawasan
masyarakat dalam berbagai bidang.
6. Mahasiswa dapat mengembangkan dan menjalankan ilmu, keahlian dan
keterampilan kepada masyarakat.
7. Sebagai bahan masukan bagi peserta Kuliah Kerja Lapangan Plus
berikutnya.

G. POTENSI KELURAHAN
Kami mendapatkan lokasi Kuliah Kerja Lapangan Plus di kelurahan Laleng Bata, kecamatan Paleteang kota Pinrang. Setelah melakukan observasi selama satu hari, kami menetapkan potensi kelurahan Laleng Bata menjadi 3 yaitu:
1. Terdapat 4 sekolah dasar yaitu SD 10, SD 11, SD 172 dan SD 289.
2. Terdapat banyak anak-anak usia sekolah dasar.
3. Prasarana kelurahan seperti masjid dan kantor lurah.

H. PERMANFAATAN POTENSI
Setelah mengadakan observasi kurang lebih selama satu hari dan melihat potensi desa yang ada, penulis menetapkan hal-hal bermanfaat yang dapat dilakukan di Kelurahan Laleng Bata, antara lain:
1. Terdapat empat sekolah dasar yaitu SD 10, SD 11, SD 172 dan SD 289
yang dapat dijadikan tempat untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan
mahasiswa yang berlatar belakang kependidikan sekaligus sebagai wadah
pengabdian.
2. Terdapat banyak anak-anak usia sekolah dasar
Kita ketahui bahwa generasi muda adalah pelanjut cita-cita bangsa, bagaimana nasib bangsa ini, akan ditentukan oleh kualitas generasi penerusnya. Oleh karena itu, penanaman nilai-nilai luhur sangat diperlukan sedini mungkin dalam mempersiapkan generasi yang tangguh dalam segala hal. Di Kelurahan Laleng Bata terdapat banyak anak-anak usia SD yang dapat dibimbing menjadi generasi pelanjut yang beriman, bertaqwa namun tetap intelek.

I. PRASARANA KELURAHAN
1. Sekolah
Terdapat 4 sekolah dasar dikelurahan Laleng Bata, tidak terdapat SMP,
dan SMA.
2. Masjid
Di kelurahan Laleng Bata terdapat 4 masjid, salah satunya adalah masjid
yang
tergolong besar.

J. PROGRAM KERJA
1. Di kampus
Program kerja yang kami laksanakan di kampus STKIP Cokroaminoto Pinrang berdasarkan tanggungjawab kepada masing-masing kelompok yaitu dua ruangan yang di rehabilitasi. Maka kami merumuskan kegiatan sebagai berikut :
a. Meratakan jalan
b. Mengecat gedung
c. Membuat pot bunga
d. Menanam pohon
2. Di kelurahan Laleng Bata
Setelah melihat hasil observasi dikelurahan Laleng Bata, dan kami sesuaikan dengan waktu yang tersedia yaitu hanya 1 bulan, agar semua program dapat kami selesaikan dalam waktu yang singkat tersebut, maka kami kelompok III merumuskan rencana program kerja secara garis besar sebagai berikut :
a. Mengajar di sekolah
Mengajar di sekolah dasar kami masukkan dalam rencana program dengan mempertimbangkan bahwa pengabdian yang kami lakukan dapat dengan interdisipliner dalam arti sesuai dengan bidang kami yaitu dari jurusan kependidikan.
b. Melakukan bakti sosial
Kegiatan bakti sosial sangat penting dalam memupuk semangat kebersamaanditengah masyarakat yang majemuk.
c. Melaksanakan seminar kelurahan
Kami merasa sangat penting untuk melaksanakan seminar kelurahan guna membahas mengenai rencana program yang akan kami laksanakan selama 1bulan kedepan agar kegiatan yang dilaksanakan benar-benar dapat bermanfaat bagi masyarakat.

BAB II
DESKRIPSI LOKASI

A. LETAK LOKASI KAMPUS
Kampus STKIP Cokroaminoto Pinrang berlokasi di kecamatan Peleteang kelurahan Laleng Bata lingkungan Amassangang Barat tepatnya di jalan Teuku Umar. Kampus ini juga dapat dijangkau dengan melalui jalan Lasinrang lewat di depan SD 10 dan SD 11. Dapat pula melalui jalan Ahmad Yani dengan menyebrangi sungai lewat jembatan yang berada di bagian selatan kampus.
Dikampus ini terdapat 9 ruang belajar untuk mahasiswa STKIP, 1 ruangan BAK, 1 ruang dosen, 1 ruang perpustakaan dan 1 ruang tempat sholat. Diseblah utara terdapat bangunan STIH Cokroaminoto Pinrang.

B. LETAK KELURAHAN LALENG BATA
Kami anggota KKLP kelompok III ditempatkan di kelurahan Laleng Bata kecamatan Paleteang kabupaten Pinrang. Lokasi tersebut pada bagian timur berbatasan dengan kecamatan Tiroang. Pada bagian selatan berbatasan dengan kelurahan Benteng Sawitto. Pada bagian barat berbatasan dengan kelurahan Pacongang dan Temmassarangnge. Pada bagian utara berbatasan dengan kelurahan Macinnae.

BAB III
PEMBAHASAN

A. PROGRAM DI KAMPUS
1. Membersihkan gedung dan halaman serta menanam pohon
Nama kegiatan : Membersihkan gedung dan menanam pohon
Jenis Program : Fisik dan Non fisik
Hari / Tanggal : Minggu 11 April 2010
Tempat : kampus STKIP Cokroaminoto Pinrang
Metode pelaksanaan : Terjun langsung kelapangan
Pendanaan : Pengadaan bibit pohon oleh STKIP Cokroaminoto Pinrang
Indikator hasil : Pohon tidak layu dan halaman tampak bersih
Pembahasan :
Program ini sesuai dengan program pemerintah yaitu penanaman sejuta pohon. Kami menanam pohon didepan gedung belajar. Beberapa teman menyapu halaman gedung dan yang lainnya mengelap kaca jendela.
- Faktor pendukung
• Cuaca cerah
• Bibit pohon sudah tersedia di lokasi
- Faktor penghambat
• Beberapa anggota kelompok tidak sempat hadir dengan berbagai alasan

2. Membersihkan dan mengecat gedung
Nama kegiatan : Membersihkan dan mengecat gedung
Jenis Program : Fisik dan Non fisik
Hari / Tanggal : Minggu 18 dan 25 April 2010
Tempat : kampus STKIP Cokroaminoto Pinrang
Metode pelaksanaan : Terjun langsung kelapangan
Pendanaan : Pembelian cat dan peralatan yang diperlukan oleh mahasiswa dengan biaya sebesar Rp 278.000
Indikator hasil : Gedung tampak baru kembali dan halaman tampak bersih
Pembahasan :
Kegiatan ini sangat menguras tenaga dari para mahasiswa karena luasnya bidang yang di cat. Waktu yang diperlukan selama 6 hari mulai dari jam 08 00 pagi sampai jam 12 00 siang. Jam 12 00 siang istrahat sampai jam 02 00. Jam 02 00 kembali bekerja sampai jam 04 00 sore.
- Faktor pendukung
• Cuaca cerah
- Faktor penghambat
• Kurangnya dana
• Beberapa anggota kelompok tidak sempat hadir dengan berbagai alasan

3. Pengadaan pot dan menanam bunga
Nama kegiatan : Membersihkan halaman gedung serta pengadaan pot
sekaligus menanam bunga
Jenis Program : Fisik dan non fisik
Hari / Tanggal : Minggu 2 Mei 2010
Tempat : kampus STKIP Cokroaminoto Pinrang
Metode pelaksanaan : Terjun langsung kelapangan
Pendanaan : Pembelian pot dan cincin oleh mahasiswa dengan biaya sebesar Rp 210.000
Pengadaan bunga juga dilakukan oleh mahasiswa.
Indikator hasil : Didepan gedung kini terdapat pot yang ditumbuhi bunga dan halaman tampak bersih
Pembahasan :
Dalam kegiatan ini, kami membeli 3 pot yang sudah jadi, serta 3 buah cincin untuk kami jadikan pot bunga. Pot ke 3 pot yang telah dibeli tersebut belum berisi bunga, oleh karena itu kami mengisinya dengan tanah terlebih dahulu baru kemudian menanaminya dengan bunga.
- Faktor pendukung
• Cuaca cerah
- Faktor penghambat
• Kurangnya dana
• Beberapa anggota kelompok tidak sempat hadir dengan berbagai alasan

4. Menghias pot dan memupuk bunga dan pohon serta membersihkan gedung
Nama kegiatan : Menghias pot dan memupuk bunga dan pohon serta
membersihkan gedung
Jenis Program : Fisik dan non fisik
Hari / Tanggal : Minggu 9, 16, 23 dan 30 Mei 2010
Tempat : kampus STKIP Cokroaminoto Pinrang
Metode pelaksanaan : Terjun langsung kelapangan
Pendanaan : Pembelian cat oleh mahasiswa dengan biaya sebesar Rp 45.000
Pengadaan pupuk oleh mahasiswa
Indikator hasil : Didepan gedung kini terdapat pot biasa dan pot yang terbuat
dari cincin yang sudah dihiasai dan ditumbuhi bunga, halaman tampak bersih dan pohon yang tumbuh dengan kelihatan segar.
Pembahasan :
Ke 3 cincin yang telah dibeli tersebut kami hiasi dengan motif dan warna, kemudian di bagian depan kami tulisi dengan tulisan “ KKLP KELOMPOK 3 STKIP COKROAMINOTO ANGKATAN XX” . Tak lupa pula kami memupuk bunga dan pohon yang telah ditanam sebelumnya hingga tanaman bunga dan pohon tersebut tampak segar.
- Faktor pendukung
• Cuaca cerah
- Faktor penghambat
• Kurangnya dana
• Beberapa anggota kelompok tidak sempat hadir dengan berbagai alasan

B. PROGRAM DI KELURAHAN LALENG BATA

1. Penerimaan KKLP
Pelepasan KKLP dari kampus STKIP Cokroaminoto Pinrang dilakukan pada tanggal 1 juni 2010. Pada hari itu, semua mahasiswa yang dilepaskan langsung menuju ke kantor kecamatan dengan didampingi oleh bapak ketua STKIP Cokroaminoto bersama dengan para dosen pembimbing. Rombongan mahasiswa KKLP diterima di kantor kecamatan oleh kepala kecamatan bersama dengan stafnya serta beberapa kepala kelurahan yang sempat hadir yang terdapat di kecamatan Paleteang. Setelah diterima secara resmi oleh camat Peleteang, peserta KKLP yang terdiri dari 6 kelompok, yang masing-masing kelompok berjumlah kurang lebih 16 orang mahasiswa putra dan putri menuju ke kelurahan penempatan masing-masing yang telah ditetapkan terlebih dahulu.

Kami anggota kelompok III menuju ke kantor kelurahan Laleng Bata bersama-sama dengan dosen pembimbing. Setelah diterima di kantor kelurahan Laleng Bata, kami langsung menuju ke posko yang lokasinya berada di bagian utara kantor lurah. Lokasi tersebut berada di pinggir jalan utama angkutan umum yang menuju ke terminal depan kompleks militer. Semua kegiatan tersebut berjalan dengan lancar.

2. Observasi
Pada keesokan harinya, kami langsung melakukan observasi di kelurahan tersebut dan memperoleh data jumlah lingkungan yaitu 2, lingkungan Amassangang Barat dan lingkungan Amassangang Timur, jumlah sekolah dasar yaitu 4. Sekolah tersebut masing-masing SD 10, SD 11, SD 172 dan SD 289. Juga terdapat 4 masjid yaitu Nurul Huda, Miftahul Jannah, Babul Jannah dan yang satunya kami tidak sempat ke sana karena letaknya yang terlalu jauh dari posko. Dengan mempertimbangkan waktu yang sangat singkat yaitu cuma 1 bulan, maka kami putuskan untuk observasi cuma 1 hari.
- Faktor pendukung
• Cuaca cerah
- Faktor penghambat
• Beberapa anggota kelompok tidak sempat hadir dengan berbagai alasan

3. Sosialisasi
Pada hari kamis tanggal 3 juni 2010 kami melakukan sosialisasi di SD 10 dan SD 11. Hari selanjutnya berturut-turut yaitu tanggal 4 dan 5 kami melakukan sosialisasi juga di SD 172 dan SD 289. Dalam kegiatan itu kami memperkenalkan diri bahwa kami adalah mahasiswa dari STKIP Cokroaminoto Pinrang. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar.
- Faktor pendukung
• Cuaca cerah
• Kepala sekolah menyambut dengan hangat serta para guru sangat bersahabat
- Faktor penghambat
• Transportasi dari posko ke sekolah kurang
• Beberapa anggota kelompok tidak sempat hadir dengan berbagai alasan

4. Mengedar Undangan Seminar Kelurahan
Mengingat pentingnya seminar kelurahan untuk segera dilaksanakan, maka kami mempersiapkan dengan baik hal-hal yang diperlukan untuk segera melaksanakan seminar kelurahan. Pada tanggal 6 juni 2010 kami mengedarkan undangan seminar kepada kurang lebih 20 tokoh masyarakat termasuk kepala lingkungan dan pemuka agama.
- Faktor pendukung
• Cuaca cerah
• Kerjasama dengan kepala lingkungan sangat baik
- Faktor penghambat
• Transportasi kurang
• Beberapa anggota kelompok tidak sempat hadir dengan berbagai alasan

5. Seminar Kelurahan
Pada tanggal 7 juni 2010, kami segera melaksanakan seminar kelurahan. Didalam seminar kelurahan kami menyampaikan rencana program kerja yang akan kami laksanakan selama 1 bulan kedepan. Alhamdulillah, beberapa masyarakat aktif memberikan saran dan bantuan dalam merencanakan tentang apa dan bagaimana sebaiknya rencana program kerja tersebut dilaksanakan. Dengan mempertimbangkan saran dari berbagai pihak dalam seminar kelurahan, maka kami menyusun rincian program kerja sebagai berikut :

NO HARI / TANGGAL KEGIATAN LOKASI
1 Selasa 1-6-2010 Penerimaan KKLP Kantor Lurah Laleng Bata
2 Rabu 2-6-2010 Observasi Kel. Laleng Bata
3 Kamis 3-6-2010 Sosialisasi SD 10 dan SD 11
4 Jum’at 4-6-2010 Sosialisasi SD 172
5 Sabtu 5-6-2010 Sosialisasi SD 289
6 Minggu 6-6-2010 Mengedar undangan seminar Kel. Laleng Bata
7 Senin 7-6-2010 Seminar kelurahan Kantor Lurah Laleng Bata
8 Selasa 8-6-2010 Menyerahkan program kegiatan Kantor Kelurahan Laleng Bata, SD 10, SD 11, SD 289, SD 172, Mesjid Babul Jannah, Mesjid Miftahul Jannah, Mesjid Nurul Huda
9 Rabu 9-6-2010 Mengajar SD 10 dan SD 11
10 Kamis 10-6-2010 Mengajar SD 289
11 Jum’at 11-6-2010 Baksos Kantor Lurah
12 Sabtu 12-6-2010 Pembinaan moral Mesjid Miftahul Jannah
13 Senin 14-6-2010 Mengajar SD 172
14 Selasa 15-6-2010 Mengajar SD 172
15 Rabu 16-6-2010 Mengajar SD 289
16 Kamis 17-6-2010 Mengajar SD 289
17 Jum’at 18-6-2010 Baksos Kantor Lurah
18 Sabtu 19-6-2010 Pembinaan moral Mesjid Nurul Huda
19 Senin 21-6-2010 Mengajar SD 10 dan SD 11
20 Selasa 22-6-2010 Mengajar SD10 dan SD 11
21 Rabu 23-6-2010 Mengajar SD 172
22 Kamis 24-6-2010 Mengajar SD 172
23 Jum’at 25-6-2010 Baksos Kantor Lurah
24 Sabtu 26-6-2010 Pembinaan moral Mesjid Babul Jannah
25 Senin 28-6-2010 Persiapan penarikan Kantor Lurah
26 Selasa 29-6-2010 Persiapan penarikan Kantor Lurah
27 Rabu 30-6-2010 Persiapan penarikan Kantor Lurah

- Faktor pendukung
• Cuaca cerah
• Semua anggota kelompok hadir
- Faktor penghambat
• Transportasi kurang
• Pada awalnya kepala kelurahan sulit di temui karena kondisi kesehatan beliau tidak memungkinkan.
6. Menyerahkan Rencana Program Kegiatan
Setelah kami merinci jadwal rencana program kegiatan selama 1 bulan kedepan, maka kami meminta persetujuan dari dosen pembimbing serta kepala kelurahan. Ketika jadwal rencana program tersebut telah mendapat izin dari pihak yang telah kami sebutkan, maka pada hari selasa tanggal 8 juni 2010 kami menyerahkan jadwal rencana program tersebut ke SD 10, SD 11, SD 289, SD 172, pengurus masjid Babul Jannah, pengurus masjid Nurul Huda dan pengurus masjid Miftahul Jannah.
- Faktor pendukung
• Cuaca cerah
• Kerjasama dengan kepala sekolah dan pengurus masjid sangat baik
- Faktor penghambat
• Transportasi kurang
• Beberapa anggota kelompok tidak sempat hadir dengan berbagai alasan

7. Mengajar Di SD 10 Dan SD 11
Nama kegiatan : Mengajar
Jenis Program : Non fisik
Hari / Tanggal : Rabu 9, senin 21 dan selasa 22 Juni 2010
Tempat : SD 10 dan SD 11
Metode pelaksanaan : Pengajaran dilakukan sesuai dengan bidang studi disekolah tersebut.
Pendanaan : Dana transportasi dari mahasiswa
Indikator hasil : Para siswa makin menguasai pelajarannya yang ditandai dengan kemampuannya menyelesaikan dengan baik tugas yang diberikan. Program ini berhasil terselesaikan dengan baik.
Pembahasan :
Anak manusia lahir tidak dilengkapi dengan insting yang sempurna untuk dapat menyesuaikan diri dalam menghadapi lingkungan( Redja Mudyahadjo , pengantar pendidikan, hal 33). Pernyataan ini menjawab pertanyaan, mengapa manusia harus dididik?. Atas dasar hal itulah maka kami merasa memang sangat perlu dan penting untuk berperan aktif dalam memajukan pendidikan dalam segala bidang. Salah satu yang dapat kami lakukan sebagai mahasiswa adalah melalui lembaga atau sekolah tinggi, khususnya melalui kegiatan KKLP ini kami berusaha mempersembahkan apa yang kami miliki demi kesejahteraan rakyat. Kegiatan mengajar yang kami lakukan ini, kami maksudkan agar dapat menjadi sumbangan moril bagi para generasi pelanjut perjuangan bangsa. Program ini terselesaikan dengan baik.
- Faktor pendukung
• Cuaca cerah
• Kepala sekolah menyambut dengan hangat serta para guru sangat bersahabat
- Faktor penghambat
• Transportasi dari posko ke sekolah kurang
• Kurang dana untuk membuat media pendidikan
• Beberapa anggota kelompok tidak sempat hadir dengan berbagai alasan

Download laporan lengkapnya disini.

Satu Tanggapan

  1. mantap bro…jalan” lagi kekampus….jgn lupa bawa ole” yah???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: